Cara Mengukur Berat Badan Ideal Dengan Mudah dan Benar

Untuk mengetahui tubuh ideal perlu tahapan yang harus di lakukan, namun cukup mudah dalam menghitungnya. Ada rumus tertentu yang di gunakan dalam perhitungan tubuh ideal. Pada dasarnya tulang rangka manusia adalah sebuah bangunan tubuh yang berfungsi untuk meyangga tubuh. Dalam menghitung berat badan ideal kita akan menggunakan rumus berdasarkan tinggi badan dan berat badan hasil dari timbangan. Cara tersebut sangat efektif dan benar untuk mengetahui tubuh ideal yang anda miliki sekarang, langsung saja anda simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui caranya .


Cara Mengukur Berat Badan Ideal Dengan Mudah dan Benar


Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Sebelum mengukur berat badan ideal, terlebih dahulu melakukan pengukuran tinggi badan, caranya :
Lepaskan alas kaki atau sepatu yang anda pakai.
Berdirilah dengan tegak serta lurus kedepan, pastikan telapak kaki menapak pada alas.
Lalu ukur tinggi badan anda dengan detail mulai dari tumit sampai puncak tengkorak dengan menggunakan tongkat pengukur.
Jika sudah selesai, catat hasil pengukuran tinggi badan anda dengan satua Cm

Selanjutnya anda bisa mengkur berat badan anda dengan menggunakan timbangan berat badan, cara tersebut paling mudah dalam mengetahui berat badan seseorang. Apabila anda sudah menemukan berat badan anda, maka catat menggunakan satuan Kg.

Pada berat badan yang anda miliki sebenarnya di tentukan oleh jumlah cairan pada tubuh, kadar lemak, mineral, serta protein yang ada di dalam tubuh anda sekitar +-60%. Pada jumlah berat badan yang anda miliki semua itu tergantung dari factor usia serta kegiatan fisik dan temperature tubuh. nah cara dalam mengukur berat badan yaitu :

Pertama lepaskan alas kaki anda, pakaian luar serta jam tangan.
Lihat jarum penunjuk timbangan lalu sesuaikan hingga sejajar dengan angka nol kilogram.
Selanjutnya silahkan naik di atas timbangan dan berdirilah di tengah tengah dengan tepat.
Setelah anda mengetahui berat badan anda, lalu catat dengan satuan Kg.

Selanjutnya anda bisa menghitung berat badan ideal yang anda miliki, caranya yaitu denggunakan rumus berat badan.
(Tinggi badan – 100) – 10% (TB – 100)
Contohnya :
Hasil tinggi badan anda 160 CM
Hasil berat badan anda 48 Kg
R = (TB – 100) – 10%(TB – 100) =
(160 – 100) – 10%(160 – 100) =
(60) -10% (60) =
60 – 6 = 54 Kg

Kesimpulannya bahwa berat badan yang anda miliki masih kurang ideal, jika di lihat dari timbangan bahwa berat badan anda hanya 50 Kg namun ketika di hitung menggunakan rumus berat badan anda 54 Kg. Dalam ilmu kesehatan berat badan orang di nyatakan ideal apabila berat badan orang tersebut minimal kurang 1 atau lebih 1 dari berat badan yang sudah di hitung. Nah dengan begitu berat badan anda seharusnya sekitar 53 hingga 55 Kg. dengan begitu berat badan anda saat ini belum memenuhi syarat sebagai tubuh ideal. untuk itu perbanyak olahraga serta mulailah dengan hidup sehat dan pola makan.

Itulah cara mengukur berat badan ideal dengan mudah dan benar yang bisa anda jadika pacuan untuk mengetahui jumlah berat tubuh anda. Sekian dari artikel ini dan semoga bermanfaat dan memberi solusi untuk anda semuanya.

No comments :

Post a Comment

Saya tunggu komentar anda disini ya. Jika artikel ini bermanfaat bisa dishare juga. Ada juga bisa Follow Fanspage kami di https://www.facebook.com/agenfiforlifdotid. Terimakasih